Bagaimana Cara Mengatasi Gambar Tidak Muncul di Blogger?

Selamat siang, teman-teman!

Sudah beberapa hari ini saya dipusingkan dengan satu masalah yang menurut saya cukup ‘serius’.

Bagaimana tidak, sejak dua hingga tiga hari terakhir, Blogger menolak perintah meng-upload maupun menampilkan gambar.

Kira-kira seperti ini penampilannya di dashboard salah satu blog lama saya.

Permasalahan ini lumayan bikin saya keki.

Sebetulnya, di blog ini, mulanya saya nggak berniat untuk menampilkan gambar apapun. Maksud saya ingin menjadikannya sederhana seperti blog Maniak Menulis kepunyaan Pak Anton.

Tetapi, apa mau dikata. Untuk tulisan “Bisakah Freelance Writer Menjadi Kaya Raya?” saya perlu mencantumkan grafik berupa tabel. Setahu saya, WordPress menyajikan fitur pembuatan tabel di dalam post, tetapi saya kurang tahu-menahu soal hal yang sama di Blogger.

Barangkali, di luar sana ada artikel-artikel yang membahas hal tersebut. Namun, saat itu satu-satunya cara yang terpikirkan oleh saya ya dengan mengunggah tangkapan layar dari dokumen Word saya. Sederhana banget, bukan, pemikiran saya?

Anehnya, mau dicoba berapa kalipun, gambar-gambar itu selalu gagal dimuat. Malah, hingga saat ini, saya masih belum bisa meng-upload gambar apapun lewat workspace Blogger.

Ketika itu, saya lekas merujuk kepada Komunitas Bantuan Blogger dalam upaya menemukan solusi di balik permasalahan saya.

Rupa-rupanya, saya nggak sendirian, lo. Sederet narablog lain juga menjumpai problem yang sama!

Mengetahui fakta ini, saya jadi sedikit lega. Seenggaknya, saya bukan satu-satunya pengguna Blogger yang mesti menjumpai keanehan ini.

Ya, saya sebut ‘keanehan’ sebab selama sekian tahun saya ngeblog di platform ini, ini adalah kali pertama buat saya. Namun, menurut pengakuan salah satu narablog dengan username SCGRC, ini merupakan fenomena tahunan. Sepertinya, bagi beliau, ini bukanlah hal baru.

Sayangnya, nggak seperti apa yang dituturkan oleh SCGRC, kendala ini telah berlangsung selama beberapa hari. Dan, saya nggak bisa menunggu sampai gangguan ini selesai dengan sendirinya. Akhirnya, saya berusaha mencari alternatif lainnya.

Bagaimana cara mengatasi gambar tidak muncul di Blogger?

Atau, lebih tepatnya lagi, bagaimana cara upload gambar ketika Blogger error?

Beberapa artikel panduan di Internet menyarankan saya untuk memanfaatkan jasa free hosting. Ada berbagai macam pilihan tersedia, tetapi pada akhirnya saya memutuskan untuk njajal Freeimage.host.

Ini adalah website penyedia layanan hosting gambar gratis yang memungkinkan user untuk upload gambar secara anonim. Sayangnya, space yang disediakan bagi pengguna anonim agak terbatas, yakni sebesar 64 MB saja. Alhasil, jika teman-teman kepingin mendapatkan space yang lebih besar, maka harus sign up sebagai anggota terlebih dahulu.

Berhubung waktu itu saya sedang iseng-iseng mencoba saja, saya bereksperimen dengan akun anonim dulu.

Pertama-tama, kunjungi situs webnya di https://freeimage.host. Selagi menunggu website-nya selesai dimuat, ada baiknya teman-teman mempersiapkan gambar yang akan diunggah. Saran saya, karena keterbatasan ruang penyimpanan, pastikan bahwa ukuran file-nya tidak terlalu besar. Untuk mengatasinya, kalian bisa mengkompres file dengan tools ini atau ini.

Nah, berikut tampilan halaman utama Freeimage.host. Unggah gambar dengan klik tombol “Start Uploading”. Atau, kalian juga bisa memaksimalkan fitur drag ‘n drop-nya dengan menarik gambar ke layar aktif website tersebut.

Bagaimana Cara Mengatasi Gambar Tidak Muncul di Blogger

Sebagai contoh, saya mengunggah gambar pembuka untuk tulisan ini. Tunggu beberapa detik hingga gambar ter-upload. Lalu, klik “Upload”.

Voila, gambar berhasil disimpan di database Freeimage.host. Link menuju gambar tersebut pun telah disediakan oleh Freeimage.host. Salin dan tempel di search bar untuk mengeceknya.

Bagaimana Cara Mengatasi Gambar Tidak Muncul di Blogger

Di jendela baru, scroll ke bawah untuk mendapatkan URL gambar. Salin tautan yang ada di kolom “Image URL”. Simpan di notes atau Word, karena nanti kalian akan memerlukan link ini untuk ditempelkan di workspace Blogger.

Sekarang, kita beralih dulu ke dashboard Blogger. Pertama-tama, buat post baru. Lalu, di workspace aktif Blogger, klik ikon berikut. Namun, alih-alih menggunakan metode biasanya, kali ini pilih opsi “By URL”.

Tempel image URL yang telah teman-teman simpan tadi di kolom “Paste an image URL here:”. Tunggu beberapa saat hingga gambar muncul pada blank space di bagian bawah. Begitu gambar selesai di-load, klik “Select”, dan …

Bagaimana Cara Mengatasi Gambar Tidak Muncul di Blogger

Jeng, jeng, jeng! Gambar pilihan kalian sukses di-upload ke Blogger.

Bagaimana Cara Mengatasi Gambar Tidak Muncul di Blogger

Cara ini sama sekali nggak rumit, bukan? Betul, ada lebih banyak langkah yang teman-teman harus tempuh ketimbang biasanya. Namun, trik ini bekerja sama baiknya seperti cara pada umumnya.

Oh ya, supaya hasilnya makin oke, pastikan teman-teman telah mengoptimasi ukuran gambar blog post secara otomatis, ya. Bagaimana caranya? Yuk, ikuti tutorial “Cara Mengatur Lebar Gambar Otomatis di Blog” dari Kak Erisco Berto di sini.

Sejatinya, kejadian ini memberikan hikmah bagi saya. Oh ya, ini juga mengingatkan saya pada salah satu peribahasa terkenal dalam bahasa Indonesia, lo. Hmmm, yang mana kira-kira, ya? Coba lihat jawabannya di bawah, ya.

All in all, good luck with that!

 

“Bagaimana Cara Mengatasi Gambar Tidak Muncul di Blogger?” – Sidoarjo, 7 Mei 2021

Ristra Russilahiba

 

Peribahasa yang dimaksud: ᴉpɐɾ und ɹɐʞɐ uɐʇoɹ ɐpɐ ʞɐʇ.

Postingan terkait:

16 Tanggapan untuk "Bagaimana Cara Mengatasi Gambar Tidak Muncul di Blogger?"

  1. Waah? Ternyata gak cuma saya aja yang mengalaminya dan gak cuma aflut gambar saja deh mbak aflut tulisan , dan komen pun kadang juga sering eror . Makanya sekarang blog saya di blogspot saya hapus saja , dan saya pilih nulis di wordpress.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooh, samaan dong, Mbak. Mudah-mudahan error-nya nggak lama ya, agak ngerepotin juga kalau mesti upload ke pihak ketiga seperti ini. 😂

      Delete
    2. Amin, tapi alhamdullilah sekarang saya pindah platfrom menulisnya yaitu di wordpress meski domainnya tetap pakai gratisan.

      Delete
    3. Hahaha, sama-sama Mbak, saya juga masih pake yang gratisan. Yaaah, semoga nggak lama lagi bisa punya TLD sendiri.

      Delete
  2. Halo kak Ristra.

    Wah.. Saya lihat ini blog baru April kemarin tapi udah rame aja kak. Emang sih kak kemarin eror 1 hari blogger, lw saya kemarin via chrome bukanya normal kak. Sempat jadi pembahasan grup kemarin.

    Salam kenal yaa kak.

    Sukses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam sukses juga buat Mas Tom! Hahaha, saya seneng blogger-blogger lain udah berbaik hati mau berkunjung balik ke sini, termasuk Mas Tom juga.

      Oh, saya juga selalu akses lewat Chrome, tapi sampe sekarang masih error aja nih. Kira-kira kenapa, ya?

      Delete
    2. Waduh. . Tapi gangguan nya udahan loh kak, udah normal semua. Punyaku cuma sehari doang udah. Mungkin setting an nya kak?

      Delete
    3. Saya cek barusan, dan horeee, akhirnya Blogger balik normal lagi! 🎉

      Delete
  3. Waah senang nemu artikel ini kak. Waktu kemarin emang katanya error tapi punyaku baik-baik aja. Tapi dari kemarin aku upload nggak bisa. Padahal butuh banget buat nulis artikel :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dicobain Kak upload ke pihak ketiga. Saya juga kzl bgt pas tahu ada error ini, padahal lagi butuh-butuhnya. 😂

      Delete
  4. Saya sampai sekarang kadang gambarnya nongol kadang juga eror, kemungkinan dari server Google nya.

    Ternyata begitu ya caranya biar upload ada gambarnya, pakai hosting pihak lain dan upload by url, makasih infonya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Denger-denger sih katanya begitu, Mas Agus... Tapi barusan saya cek dan alhamdulillah udah balik normal lagi. Kalau di sana gimana, Mas?

      Delete
    2. Halo mba Ristra, apa kabar?

      Beberapa hari yang lalu aku juga mengalami hal yang sama. Pas buka blog, semua gambar postingan pada gak nongol. Entahlah pada kemana :D
      padahal, gak ada kesalahan apa2 di blognya.

      Eh ternyata jaringan internet 'telkomsel' terganggu, sehingga google juga ikutan down. Bersyukur, sekarang sudah agak membaik. Gambar2 sudah nongol. Meskipun masih terasa lelet banget kayak bekicot, heheheee...

      Delete
    3. Kabar baik, alhamdulillah. Mba Ike sendiri gimana? Mudah-mudahan sehat selalu, ya.

      Sebetulnya kesel juga sih gara-gara "down"-nya Google ini, tapi agak lega juga karena saya nggak sendirian ternyata, Mba, hehehe. Iya nih, Mba, saya jadi pusing, padahal blog nggak pernah diotak-atik yang aneh-aneh begitu. Olala, ternyata sedang error toh.

      Hihi, sama dong, Mba? Saya masih agak gemes-gemes gimanaaa gitu nungguin gambar-gambar loading, tapi ya sudahlah, yang penting gangguannya nggak separah yang kemarin-kemarin, hehe.

      Delete
  5. Haii mbak, sampe sekarang saya jg masih tidak muncul gambar. Kalo pake kartu dari hp. Tapi kalo pake Wifi, atau kalo tetring ke temen, bisa. Duh,mau ganti operator aja kali yaak. Dan bener, ini bermula sejak awal Mei sampe skrng. Jadi males untuk nge-blog deh hahaaa

    ReplyDelete
  6. *males krn sangat terganggu gambar di blog orang-orang tidak muncul

    ReplyDelete