4 Manfaat dari Menyempatkan 10 Menit Setiap Pagi untuk Bermeditasi

Halo, teman-teman!

Nggak terhitung sudah beberapa minggu sejak saya menambahkan meditasi ke dalam rutinitas pagi saya. 😄

Sebetulnya, kalau boleh jujur, saya cuma iseng-iseng semata nyobain meditasi kali pertama.

Tapi, dari yang awalnya hanya sekadar iseng-iseng, eh, lama-kelamaan justru menjadi sebuah kebiasaan yang aneh rasanya kalau saya lewatkan barang sehari saja.

Apa, sih, manfaat meditasi?

Dan, mengapa saya malah jadi sesuka itu dengan aktivitas yang tampaknya amat membosankan?

Saya ceritakan lebih lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Meditasi?

Mengutip dari Healthline, meditasi atau semadi adalah suatu proses yang melibatkan pengendalian pikiran guna menghadirkan ketenangan dalam jiwa.

Sementara itu, menurut verywellmind, meditasi juga kerap dikaitkan dengan consciousness atau kesadaran, yang mana kesadaran itu sendiri ibarat arus.

Kadang kala arus itu mengalir dengan tenang, sementara di lain waktu ia berubah menjadi aliran yang deras dan menghanyutkan.

Oleh karena itu, meditasi dianggap sebagai salah satu upaya yang dapat manusia lakukan untuk mengubah arah arus tersebut.

Dengan begitu, pada akhirnya, diharapkan perubahan arus itu akan berdampak secara positif pada cara seseorang memandang dan merespons hal-hal di sekitarnya.

Faktanya, meditasi sendiri menjadi bagian dari berbagai macam budaya di seluruh belahan dunia yang telah dipraktikkan selama ribuan tahun, lo.

Bahkan, hampir setiap agama memiliki caranya masing-masing ihwal bermeditasi.

Namun, meski di masa lalu meditasi acapkali digunakan untuk tujuan keagamaan, kini banyak orang yang mempraktikkannya secara independen terlepas dari kepercayaan atau agama yang mereka anut.

Manfaat Meditasi di Pagi Hari

Seperti yang sempat saya singgung di awal postingan ini, meditasi awalnya cuma sesuatu yang saya lakukan secara coba-coba.

Artinya, saya sama sekali nggak berniat untuk menjadikannya sebagai sebuah kebiasaan.

Apalagi, saya tergolong tipe orang yang sulit banget stick to a habit.

Tapi, melihat dari banyaknya orang di seluruh jagad Internet yang meyakini betapa dahsyatnya impak dari meditasi, rasa penasaran saya pun tergelitik.

Bahkan, para praktisi kesehatan turut menyarankan hal yang sama pula!

Nah, bukankah itu pertanda yang cukup untuk meyakinkan bahwasanya meditasi betul-betul bagus untuk saya?

Well, not really, sampai pada akhirnya saya mencobanya sendiri. 😂

Dan, berdasarkan pengalaman saya setelah melakukan meditasi secara rutin hampir setiap pagi selama beberapa minggu terakhir, inilah manfaatnya yang saya rasakan:

1. Menghadirkan Efek Relaksasi

Normalnya, begini cara saya mengawali hari (setelah tidur singkat sehabis salat subuh): terbangun karena alarm → ngedumel nggak karuan akibat kantuk yang masih membelenggu → mematikan alarm → terbaring di kasur hingga sejam lamanya memainkan ponsel.

Yang saya maksud dengan memainkan ponsel sebenarnya 90% terdiri dari membalas pesan-pesan yang masuk, baik via WhatsApp maupun email, yang mana kebanyakan berkaitan dengan urusan pekerjaan.

Alhasil, sejak membuka mata, saya telah disibukkan dengan hal-hal yang sifatnya menuntut perhatian saya segera.

Dan sejujurnya, saya sering dibuat kewalahan karenanya.

Rasanya seolah-olah saya nggak bisa bersantai barang semenit saja di pagi hari. 😭

Namun, semenjak saya rajin bermeditasi, saya merasakan adanya efek relaksasi yang menyetel perasaan saya secara positif untuk memulai hari.

Uniknya, perasaan tenang dan damai itu terkadang bahkan terus-menerus saya rasakan seharian, lo!

Bahkan kalau saya super duper sibuk di siang hari, melakukan meditasi di pagi hari menyingkirkan sentimen keteteran dari tugas-tugas yang menumpuk itu.

Ajaib, bukan? 🌟

2. Memberikan Suntikan Energi

Buat teman-teman yang cenderung merasa lemas dan lesu di pagi hari, bahkan setelah memperoleh tidur yang cukup malam sebelumnya, ada baiknya jika kalian mencoba bermeditasi.

Bagi saya, meditasi terbilang seperti energy booster. ☕️ 

Bermeditasi secara teratur di pagi hari membuat saya lebih terjaga dan bergairah.

Ia juga menendang jauh-jauh kungkungan kantuk dan malas yang biasanya menghampiri saya langsung begitu saya membuka mata.

Oh ya, satu hal lagi, saya juga menyadari jika saya semakin jarang mengonsumsi minuman yang manis-manis di siang hari untuk menyuplai energi tambahan kala bekerja sejak saya rutin bermeditasi.

Dengan kata lain, nggak ada lagi, tuh, yang namanya hasrat untuk boci atau bobo ciang karena penat.

3. Membentuk Konsentrasi yang Lebih Baik

Yang satu ini sebenarnya merupakan manfaat yang paling mengejutkan buat saya di antara manfaat-manfaat meditasi lainnya.

Berdiam diri selama 5 sampai 10 menit dalam keheningan sembari berusaha untuk mengendalikan pikiran yang berkecamuk rupanya melatih fokus saya, lo.

Saat bermeditasi, saya dituntun untuk membuang pikiran-pikiran yang sama sekali nggak ada hubungannya dengan kegiatan meditasi itu sendiri.

Alhasil, saya mampu berkonsentrasi dengan lebih baik, penilaian saya terhadap apa yang penting dan apa yang kurang penting di saat itu juga membaik.

Nggak berlebihan agaknya untuk menyebut saya sebagai orang yang kurang pandai memprioritaskan hal-hal. 🙈

Banyak pekerjaan yang mesti keteteran akibat ketidakmampuan saya dalam menyusun daftar prioritas.

Tapi sekarang, saya sedikit lebih cakap dalam memaksimalkan produktivitas saya lantaran meditasi pagi telah mendorong saya untuk menjadi individu yang lebih terarah.

4. Memberikan Rasa “Feeling Good” secara Keseluruhan

Dari ketiga poin di atas, kedengarannya seolah-olah kehidupan saya berubah 180o ke arah yang lebih baik gara-gara teratur bermeditasi.

Nyatanya, terkadang saya masih saja dibebani perasaan kewalahan yang sama dari waktu ke waktu, apalagi tiap kali saya melihat tumpukan pekerjaan yang harus diselesaikan sebelum hari berakhir. 😹

Tapi, alih-alih mengubah kehidupan saya, meditasi telah mengubah sudut pandang saya terhadap urusan-urusan yang saya punya.

Bagaimana, ya, cara menjelaskannya…

Begini, semenjak mempraktikkan meditasi secara aktif, saya merasa seperti saya mampu mengontrol apa-apa yang kudu saya tuntaskan dengan tenang.

Padahal, dulu, saya cenderung menyikapinya dengan cara-cara yang kerap bikin saya stres.

Sekarang, itu bukan lagi sesuatu yang saya khawatirkan.

Meditasi memotivasi saya untuk menjalani hidup dengan damai, apapun tantangan yang menghadang.

Bagi teman-teman yang kepengin nyobain meditasi pagi, kalian bebas memanfaatkan resource apapun yang kalian temukan.

Saya sendiri, contohnya, menggunakan guided motivation sebagai panduan untuk bermeditasi.

Cukup ketikkan dua kata tersebut di kolom pencarian YouTube, kemudian pilih video manapun sesuai selera kalian.

Untuk pemula, mulai dengan video berdurasi pendek.

Lama-kelamaan, begitu teman-teman terbiasa, tambah durasinya hingga 30 menit per hari.

So, apakah kalian tertarik untuk bermeditasi juga? 😃

Atau, adakah yang turut menjadikannya rutinitas sehari-hari?

Please share your meditation journey with me.

 

“4 Manfaat dari Menyempatkan 10 Menit Setiap Pagi untuk Bermeditasi” – Sidoarjo, 19 Juli 2021

Ristra Russilahiba

Postingan terkait:

5 Tanggapan untuk "4 Manfaat dari Menyempatkan 10 Menit Setiap Pagi untuk Bermeditasi"

  1. Saya juga suka meditasi kak, tp meditasinya dengan posisi rebahan hehe,, tp manfaatnya sama kok efek rileksasinya juga dapet hihi

    ReplyDelete
  2. 30 menit kayaknya sulit nih hahahahaha.
    Pagi hari itu rempong buat saya, kalau malam kayaknya boleh tuh.

    Pagi, saya kejar-kejaran bangunin anak-anak, bikinin sarapan, ngurus adiknya.
    Kadang saya nggak sempat olahraga, dan saya ganti sore hari :D

    Atau mungkin dicoba pas setelah sholat Subuh ya, pokoknya jangan lewat dari pukul 5 pagi, karena kudu bangunin si kakak buat sholat subuh hihihihi

    ReplyDelete
  3. belum pernah cobain meditasi mbak
    aku kira meditasi pasti ada teknik teknik yang perlu dipelajari seperti yoga
    mau niat olahraga pagi ringan ringan aja kadang banyak melesetnya

    ReplyDelete
  4. Berarti meditasi pagi hari ini bisa sama aja dengan ngopi di pagi hari buat yang ini semacam memboosting energy.

    ReplyDelete
  5. Saya juga hampir setiap pagi selalu meditasi, kurang lebih 30 menit. Tapi meditasinya di kamar mandi, sambil jongkok, mata merem, ngeden dikit 😅. Disaat seperti itulah saya merasakan ketenangan, bahkan tidak jarang juga ide-ide brilian selalu bermunculan 😅

    ReplyDelete